PERKEMBANGAN KEHIDUPAN MANUSIA PURBA DI INDONESIA


Pengertian Manusia Purba
        Manusia Purba (prehistoric people) adalah jenis manusia yang hidup jauh sebelum tulisan ditemukan. Manusia purba diperkirakan muncul pada zaman pleistosen bawah, kurang lebih 600.000 tahun sampai 300.000 tahun yang lalu. Beberapa pendapat lain mengatakan bahwa manusia purba diyakini telah mendiami sekitar 4 juta tahun yang lalu. Pendapat ahli sejarah lain meyakini bahwa manusia pertama ada di muka bumi ini sekitar 2 juta tahun yang lalu.
        Secara umum, ciri-ciri manusia purba yaitu mempunyai volume otak yang lebih kecil dari manusia modern sekarang; hidup secara berkelompok dan mengandalkan bahan makanannya dari buah-buahan dan binatang kecil; belum mengenal cara bercocok tanam; secara fisik mulai dapat berdiri tegak dengan jari-jari tangan yang mampu menggenggam dan mulai mampu membuat peralatan-peralatan sederhana (terbuat dari batu).
Jenis Manusia Purba di Indonesia
        Berdasarkan penemuan para ahli dapat diketahui ada yang beberapa jenis manusia purba yang berhasil ditemukan di Indonesia, diantaranya :
1. Menganthropus Paleojavanicus

Berasal dari kata :
     MEGAN                  : Besar
     ANTRHOPUS          : Manusia
     PALEO                   : Tua
     JAVANICUS            : Dari Jawa

Dapat Disimpulkan Bahwa Menganthropus Paleojavanicus berarti MANUSIA PURBA BERTUBUH BESAR TERTUA DI JAWA. Manusia Purba ini hidup pada zaman Paleolithikum (Batu Tua) sekitar 1 sampai 2 juta tahun yang lalu. Berasal dari lapisan Pleistosen bawah. Penemu manusia purba jenis ini adalah VON KOENIGSWALD pada tahun 1936-1941 di daerah Sangiran, Lembah Bengawan Solo



2. Pithecantropus
Manusia jenis ini disebut juga MANUSIA KERA YANG BERJALAN TEGAK. Memiliki umur yang bervariasi diperkirakan hidup antara 30.000 sampai dengan 2 juta tahun lalu. Beberapa jenis manusia purba jenis ini yang ditemukan di Indonesia yaitu sebagai berikut.

a. Pithecantropus Erectus

 Berasal dari lapisan Pleistosen lapisan bawah dan tengah. Penemu jenis manusia purba ini adalah EUGENE DUBOIS pada tahun 1891 di Trinil, Jawa Tengah.

b. Pithecantropus Mojokertensis



Fosil yang ditemukan hanya berupa tulang tengkorak anak-anak. Ditemukan oleh VON KOENIGSWALD pada Tahun 1936 di Mojokerto, Jawa Timur.

c. Pithecantropus Robotus


Von Koenigswald menganggap fosil ini sejenis dengan Pithecanthropus Mojokertensis. Ditemukan oleh Weidenreich dan Von Koenigswald pada Tahun 1939 di Trinil, Jawa Tengah.

d. Pithecantropus Soloensis


Penemu jenis manusia purba ini adalah Von Koeningswald dan Oppernoorth pada Tahun 1931-1933 di Ngandong dan Sangiran.

3.  Homo
Manusia purba jenis merupakan jenis manusia purba yang berumur paling muda, diperkirakan hidup pada jaman 15.000-40.000 SM. Jenis manusia purba ini sudah memiliki volume otak yang sudah menyerupai manusia modern dan bukan lagi tergolong manusia kera. Beberapa jenis manusia purba ini yang ditemukan di Indonesia antara lain :


a. Homo Soloensis

Ditemukan oleh Von Koeningswald dan Weidenrich antara tahun 1931-1934 disekitar Sungai Bengawan Solo. Homo soloensis diperkirakan pernah hidup antara 900.000 sampai 300.000 tahun yang lalu.


b. Homo Wajakensis

Ditemukan oleh Van Rèestchoten pada Tahun 1990 di Desa Wajak, Tulungagung yang kemudian di teliti oleh Eugene Dubois. Hidup antara 40.000-25.000 tahun yang  lalu,  pada lapisan Pleistosen Atas. Tengkoraknya mempunyai banyak persamaan dengan orang Aborigin penduduk asli Australia.

c. Homo Floresiensis

Dibanding jenis lainnya, homo ini memiliki keistimewaan karena tubuhnya yang kerdil. Ditemukan oleh seorang pastur bernama Verhoeven pada tahun 1958 di Goa Liang Bua Manggarai, Flores, dan baru di umumkan sebagai temuan yang menghebohkan pada tahun 2004. Diperkirakan hidup sekitar 30.000 –18.000 tahun yang lalu



Ayo BELAJAR!
Karena hanya dengan BELAJAR kita mampu mengenggam segalanya! (IPR)
 

Comments

Popular Posts