CONTOH RPP KURIKULUM 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama  Sekolah                  : SMA Negeri 1 Budong-Budong
Mata Pelajaran                  : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester                  : XI/Genap
Materi Pokok                    : Peran Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam
                                          Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu                  : 4 x 45 menit (2 kali pertemuan)

A.    Kompetensi Inti

Kompetensi Inti
Kompetensi Inti 1
Spritual
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Inti 2
Sosial
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
Kompetensi Inti 3
Pengetahuan
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Inti 4
Keterampilan
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar  Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan
3.6  Menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

3.6.1.      Mengidentifikasi pengertian pahlawan.
3.6.2.      Menjelaskan kriteria pahlawan nasional.
3.6.3.      Menentukan perbedaan tokoh nasional dan daerah
3.6.4.      Menganalisis peran Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
3.6.5.      Menganalisis nilai perjuangan yang dapat diteladani dari tokoh Ki Hajar Dewantara Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman
Kompetensi Dasar  Keterampilan
Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan
4.6.Menulis sejarah tentang satu tokoh nasional dan tokoh dari daerah nya yang berjuang melawan penjajahan.
4.6.2    Menyajikan dalam bentuk naskah drama mengenai peran Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
4.6.2    Menyajikan dalam bentuk permainan peran mengenai Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
4.6.1    Menyajikan dalam bentuk essay tentang Andi Depu dalam melawan penjajahan.

C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan scientific learning dan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tentang peran tokoh dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia maka peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi pengertian pahlawan, menjelaskan kriteria pahlawan nasional, menentukan perbedaan tokoh nasional dan tokoh daerah, menganalisis peran Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, menganalisis nilai perjuangan yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh tersebut, menyajikan dalam bentuk naskah drama dan permainan peran mengenai Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,  serta mampu menyajikan dalam bentuk essay  tentang Andi Depu dalam melawan penjajahan sehingga terbentuk sikap cinta tanah air, religius, bertanggung jawab, jujur, disiplin, santun dan pro aktif.

D.    Materi Pembelajaran
·         Fakta
-        Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratmanadalah pahlawan nasional.
-        Masa kecil Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman.
-        Pendidikan Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman.
-        Masa Perjuangan Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman
·         Konsep
-        Peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
-        Pengertian Pahlawan
-        Tokoh nasional dan tokoh daerah
·         Prosedur
-        Nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman.
-        Kriteria pahlawan nasional
·         Metakognitif
-      Makna pahlawan
-      Dampak perjuangan Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman.
E.     Metode Pembelajaran
·         Pendekatan                 : Scientific
·         Model Pembelajaran   : Discovery Learning
·         Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, dan role play

F.     Media Pembelajaran dan Alat/Bahan Pembelajaran
·         Media                          :
1.      Beberapa gambar pahlawan sebagai bahan ilustrasi dan motivasi.
2.      Bahan tayangan materi dalam power point.
·         Alat/Bahan                  : Laptop dan LCD

G.    Sumber Belajar
-      Sumber lain yang relevan (Akan dicari pada saat proses pembelajaran di perpustakaan)
-      Internet.
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
2
4
Pendahuluan
·         Mengucapkan salam, berdoa bersama dipimpin ketua kelas, dan mengecek kehadiran peserta didik,
·         Menyanyikan Lagu Sorak-Sorak Bergembira
·         Memberikan ilustrasi Guru menampilkan gambar beberapa peristiwa perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah





 






















·         “Pada gambar, digambarkan perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. Dalam setiap peristiwa tersebut, tentu ada tokoh yang lahir ataupun yang menggerakkan sebuah perlawanan. Banyak hal yang harus kita pelajari dari tokoh-tokoh tersebut. Dan melalui pembelajaran ini, kita akan membahas beberapa tokoh perlawanan terhadap penjajah di Indonesia”.
·         Menyampaikan kompetensi yang akan  dicapai dalam pertemuan ini  yaitu mengidentifikasi pengertian pahlawan, menjelaskan kriteria pahlawan nasional, menentukan perbedaan tokoh nasional dan tokoh daerah, menganalisis peran Ki Hajar Dewantara,  Sultan Hasanuddin, Laksamana Malahayati, dan Wage Rudolf Supratman dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, menyajikan dalam bentuk naskah drama mengenai peran Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin , dan Wage Rudolf Supratman dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
·         Menyampaikan teknis pembelajaran  pertemuan ini yaitu discovery learning  melalui diskusi kelompok.
·         Menyampaikan   bentuk penilaian ; 
1.      penilaian pengetahuan lewat tes tertulis
2.      penilaian keterampilan lewat permainan peran dan lewat tugas essay yang dibuat mengenai tokoh nasional dan tokoh daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.
10 Menit
Kegiatan Inti


1)      Stimulation (Memberi Stimulus)
·         Guru menjelaskan materi mengenai pahlawan
·         Guru menampilkan beberapa gambar pahlawan untuk dianalisis siswa untuk mengidentifikasi gambar tersebut (Tokoh Nasional dan Daerah) , seperti berikut : (Mengamati)





 
























2)      Problem Statement (Mengidentifikasi Masalah
·         Peserta didik diharapkan merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan tokoh-tokoh yang ditampilkan pada slide tersebut ke dalam LKPD (Menanya)
·         Guru membagi peserta didik dalam 4 kelompok :
a)   Kelompok 1 membahas tentang tokoh Ki Hadjar Dewantara (Masa Kecil, Pendidikan, Masa Perjuangan, Dampak Perjuangan)
b)   Kelompok 2 membahas tentang Sultan Hasanuddin (Masa Kecil, Pendidikan, Masa Perjuangan, Dampak Perjuangan)
c)   Kelompok 3 membahas tentang Laksamana Malahayati (Masa Kecil, Pendudukan, Masa Perjuangan, Dampak Perjuangan)
d)  Kelompok 4 membahas tentang Wage Rudolf Supratman (Masa Kecil, Pendidikan, Masa Perjuangan, Dampak Perjuangan)
·         Guru memberi arahan kepada peserta didik mengenai tugas kelompok yang akan mereka kerjakan.
3)      Data Collecting (Mengumpulkan Data)
·         Siswa bersama kelompok diskusi mengumpulkan data berupa informasi-informasi yang terkait dengan masalah yang harus di analisis baik dari buku yang relevan dengan materi di perpustakaan maupun internet.
Beberapa situs yang dapat dikunjungi :
Ki Hajar Dewantara
Laksamana Malahayati
Sultan Hasanuddin
W.R. Supratman
·         Guru mendorong siswa untuk terlibat dalam diskusi dan menanggapi jika ada kesulitan yang dihadapi oleh kelompok
4)      Data Processing (Memproses Data)
·         Data yang dikumpulkan kemudian didiskusikan untuk mendapatkan pendalaman pemahaman  materi.
5)      Verification (Memverifikasi)
·         Setelah peserta didik berhasil mengumpulkan data-data yang terkait dengan masalah, peserta didik melakukan verifikasi data dengan mengambil informasi-informasi yang sesuai dengan permasalahan.(Menalar/Mengasosiasi)
6)      Generalization (Menyimpulkan)
·         Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil verifikasi.
·         Bersama-sama peserta didik menarik kesimpulan dari hasil diskusi yang dilakukan serta mempersilahkan peserta didik mencatat kesimpulan yang dianggap penting ke dalam buku catatan.
70 Menit

















Penutup
·         Guru memberikan tes indvidu
·         Peserta didik menjawab tes indvidu

·         Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan selanjutnya.
·         Memberikan evaluasi  terhadap kegiatan  pembelajaran  pertemuan tersebut, terutama hal-hal yang kurang berkenan berkaitan dengan proses pembelajaran, sebagai  masukan untuk perbaikan  dalam  pertemuan berikutnya.
·         Mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin dalam doa dan menutup dengan salam penutup.
10 menit

Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Nilai-nilai Karakter
Alokasi Waktu
1
2
3
4
Pendahuluan
·         Mengucapkan salam, berdoa bersama dipimpin ketua kelas, dan mengecek kehadiran peserta didik,
·         Menyanyikan Lagu Maju Tak Gentar
·         Guru memberikan penguatan terhadap materi sebelumnya “Pada pertemuan yang lalu, kita telah membahas mengenai peran beberapa tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bapak akan memberikan beberapa pertanyaan. Apakah semua orang dapat dikatakan pahlawan? Apakah yang menjadi dampak perjuangan Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, dan W.R. Supratman”.
·         Menyampaikan kompetensi yang akan  dicapai dalam pertemuan ini  yaitu menganalisis nilai perjuangan yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh tersebut, menyajikan dalam bentuk permainan peran mengenai Ki Hajar Dewantara,Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, , dan Wage Rudolf Supratman dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,  serta mampu menyajikan dalam bentuk essay  tentang Andi Depu dalam melawan penjajahan.
·         Menyampaikan teknis pembelajaran  pertemuan ini yaitu role play.
·         Menyampaikan   bentuk penilaian ; 
1.      penilaian pengetahuan lewat tugas mengenai nilai perjuangan yang dapat diteladani dari tokoh tersebut.
2.      penilaian keterampilan lewat permainan peran dan lewat tugas essay yang dibuat mengenai tokoh nasional dan tokoh daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.
Religius


Cinta Tanah Air

Komunikasi, Berani









Rasa Ingin Tahu

10 Menit
Kegiatan Inti


·         Guru mempersilahkan siswa untuk duduk berdasarkan kelompok masing-masing.
·         Guru mempersilahkan siswa untuk menyiapkan perlengkapan permainan peran.
·         Guru mempersilahkan kelompok 1 untuk memainkan peran mengenai tokoh Ki Hajar Dewantara. (Mengkomunikasikan)
·         Guru mempersilahkan kelompok lain memberikan masing-masing 2 pertanyaan setelah menyaksikan penampilan kelompok 1.
·         Guru mempersilahkan kelompok 2 untuk memainkan peran mengenai tokoh Laksamana Malahayati (Mengkomunikasikan)
·         Guru mempersilahkan kelompok lain memberikan masing-masing 2 pertanyaan setelah menyaksikan penampilan kelompok 2.
·         Guru mempersilahkan kelompok 3 untuk memainkan peran mengenai tokoh Sultan Hasanuddin (Mengkomunikasikan)
·         Guru mempersilahkan kelompok lain memberikan masing-masing 2 pertanyaan setelah menyaksikan penampilan kelompok 3.(Mengkomunikasikan)
·         Guru mempersilahkan kelompok 4 untuk memainkan peran mengenai tokoh Wage Rudolf Supratman. (Mengkomunikasikan)
·         Guru mempersilahkan kelompok lain memberikan masing-masing 2 pertanyaan setelah menyaksikan penampilan kelompok 4.
·         Memberi kesimpulan dari hasil diskusi yang dilakukan serta mempersilahkan peserta didik mencatat kesimpulan yang dianggap penting ke dalam buku catatan.
Kolaborasi, Kreatif
Kolaborasi


Kolaborasi, Komunikatif, Kreatif.
Komunikatif, Kritis


Kolaborasi, Komunikatif, Kreatif.

Komunikatif, Kritis
Kolaborasi, Kreatif.

Komunikatif, Kolaborasi, Kreatif.
Kritis
Kolaborasi, Komunikatif.

Kolaborasi, Kritis, Komunikatif.
Kritis,
Kolaborasi, Komunikatif.


70 Menit

















Penutup
·         Guru memberikan tes individu
·         Peserta didik menjawab soal tes individu.
·         Guru menyampaikan tugas membuat essay mengenai Andi Depu dalam perjuangannya melawan penjajah.
·         Memberikan evaluasi  terhadap kegiatan  pembelajaran  pertemuan tersebut, terutama hal-hal yang kurang berkenan berkaitan dengan proses pembelajaran, sebagai  masukan untuk perbaikan  dalam  pertemuan berikutnya.
·         Mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin dalam doa dan menutup dengan salam penutup.

Jujur, Tanggung Jawab









Religius

10 menit

*      PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
a.        Penilaian
1.      Teknik Penilaian Pengetahuan: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon Bangsa Indonesia, melalui; (Lampiran 1)
§  Kemampuan menjawab soal mengenai materi yang disampaikan
2.      Teknik Penilaian Keterampilan:  Portofolio, yaitu  menilai laporan tertulis hasil rekonstruksi kelompok dalam laporan tertulis. (Lampiran.2)
§  Kemampuan membuat naskah mengenai tokoh nasional dan daerah yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
§  Kemampuan bermain peran mengenai tokoh nasional dan daerah yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
§  Tugas tertulis dalam bentuk essay mengenai tokoh Andi Depu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
b.      Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial diberikan kepada  peserta tidak hadir dan tidak memenuhi syarat dalam melaksanakan penugasan, dengan  program kegiatan pembelajaran individu melalui penugasan.  (Lampiran 3)
c.       Pembelajaran Pengayaan
Pembelajaran pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi syarat dalam melaksanakan penugasan, dengan program kegiatan pembelajaran individu penugasan .(Lampiran. 4)

Surabaya, 13 Oktober 2018   
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mapel,



NURSI, S.Pd.,M.Pd                                                  INES PRADHANA RUSO,S.Pd
NIP.19611231 198411 1 102                                     NIP. 19900602 201504 1 002

Comments

Popular Posts