CONTOH RPP KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Budong-Budong
Mata
Pelajaran : Sejarah
Indonesia
Kelas/Semester : XI/Genap
Materi
Pokok : Peran Tokoh-Tokoh
Nasional dan Daerah dalam
Memperjuangkan
Kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit (2 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
Kompetensi Inti
|
|
Kompetensi
Inti 1
Spritual
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
Kompetensi
Inti 2
Sosial
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
|
Kompetensi
Inti 3
Pengetahuan
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
Kompetensi
Inti 4
Keterampilan
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan
|
3.6 Menganalisis peran tokoh-tokoh
nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
|
3.6.1. Mengidentifikasi pengertian pahlawan.
3.6.2. Menjelaskan kriteria pahlawan nasional.
3.6.3. Menentukan perbedaan tokoh nasional dan daerah
3.6.4. Menganalisis peran Ki Hajar Dewantara, Laksamana
Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman dalam memperjuangkan
kemerdekaan Indonesia.
3.6.5. Menganalisis nilai perjuangan yang dapat diteladani dari
tokoh Ki Hajar Dewantara Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf
Supratman
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Keterampilan
|
4.6.Menulis
sejarah tentang satu tokoh nasional dan tokoh dari daerah nya yang berjuang
melawan penjajahan.
|
4.6.2
Menyajikan dalam bentuk naskah drama mengenai peran Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan
Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman dalam memperjuangkan kemerdekaan
Indonesia.
4.6.2 Menyajikan dalam bentuk permainan peran
mengenai Ki Hajar Dewantara,
Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
4.6.1
Menyajikan dalam bentuk essay tentang Andi Depu dalam melawan
penjajahan.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui pendekatan scientific learning dan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tentang peran tokoh dalam memperjuangkan
kemerdekaan Indonesia maka peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi
pengertian pahlawan, menjelaskan kriteria pahlawan nasional, menentukan
perbedaan tokoh nasional dan tokoh daerah, menganalisis peran Ki Hajar Dewantara, Laksamana
Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, menganalisis nilai perjuangan yang dapat
diteladani dari tokoh-tokoh tersebut, menyajikan dalam bentuk naskah drama dan
permainan peran mengenai Ki
Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman
dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,
serta mampu menyajikan dalam bentuk essay tentang Andi Depu dalam melawan penjajahan sehingga terbentuk sikap cinta tanah
air, religius, bertanggung jawab, jujur, disiplin, santun dan pro aktif.
D. Materi
Pembelajaran
·
Fakta
-
Ki
Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratmanadalah
pahlawan nasional.
-
Masa
kecil Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf
Supratman.
-
Pendidikan
Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf
Supratman.
-
Masa
Perjuangan Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage
Rudolf Supratman
·
Konsep
-
Peran tokoh-tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
-
Pengertian
Pahlawan
-
Tokoh
nasional dan tokoh daerah
·
Prosedur
-
Nilai
perjuangan Ki Hajar Dewantara,
Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman.
-
Kriteria
pahlawan nasional
·
Metakognitif
-
Makna
pahlawan
- Dampak perjuangan Ki Hajar Dewantara, Laksamana Malahayati,
Sultan Hasanuddin, Wage Rudolf Supratman.
E. Metode
Pembelajaran
·
Pendekatan : Scientific
·
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
·
Metode
Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab,
diskusi, penugasan, dan role play
F. Media
Pembelajaran dan Alat/Bahan Pembelajaran
·
Media :
1. Beberapa gambar pahlawan sebagai bahan
ilustrasi dan motivasi.
2. Bahan tayangan materi dalam power point.
·
Alat/Bahan : Laptop dan LCD
G. Sumber
Belajar
-
Sumber
lain yang relevan (Akan dicari pada saat proses pembelajaran di perpustakaan)
-
Internet.
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
2
|
4
|
Pendahuluan
|
·
Mengucapkan salam, berdoa bersama
dipimpin ketua kelas, dan mengecek kehadiran peserta didik,
·
Menyanyikan Lagu Sorak-Sorak
Bergembira
·
·
“Pada
gambar, digambarkan perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu dalam merebut
kemerdekaan dari penjajah. Dalam setiap peristiwa tersebut, tentu ada tokoh
yang lahir ataupun yang menggerakkan sebuah perlawanan. Banyak hal yang harus
kita pelajari dari tokoh-tokoh tersebut. Dan melalui pembelajaran ini, kita
akan membahas beberapa tokoh perlawanan terhadap penjajah di Indonesia”.
·
Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dalam pertemuan ini yaitu mengidentifikasi
pengertian pahlawan, menjelaskan kriteria pahlawan nasional, menentukan
perbedaan tokoh nasional dan tokoh daerah, menganalisis peran Ki Hajar
Dewantara, Sultan Hasanuddin,
Laksamana Malahayati, dan Wage Rudolf Supratman dalam memperjuangkan
kemerdekaan Indonesia, menyajikan
dalam bentuk naskah drama mengenai peran Ki Hajar Dewantara, Laksamana
Malahayati, Sultan Hasanuddin , dan Wage Rudolf Supratman dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
·
Menyampaikan teknis
pembelajaran pertemuan ini yaitu discovery learning melalui diskusi kelompok.
·
Menyampaikan bentuk penilaian ;
1.
penilaian pengetahuan lewat tes
tertulis
2.
penilaian keterampilan lewat
permainan peran dan lewat tugas essay yang dibuat mengenai tokoh nasional dan
tokoh daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1)
Stimulation
(Memberi Stimulus)
·
Guru menjelaskan materi mengenai
pahlawan
·
Guru menampilkan beberapa gambar
pahlawan untuk dianalisis siswa untuk mengidentifikasi gambar tersebut (Tokoh
Nasional dan Daerah) , seperti berikut : (Mengamati)
2)
Problem
Statement (Mengidentifikasi Masalah
·
Peserta didik diharapkan
merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan tokoh-tokoh yang ditampilkan pada
slide tersebut ke dalam LKPD (Menanya)
·
Guru membagi peserta didik dalam
4 kelompok :
a) Kelompok
1 membahas tentang tokoh Ki Hadjar Dewantara (Masa Kecil, Pendidikan, Masa
Perjuangan, Dampak Perjuangan)
b) Kelompok
2 membahas tentang Sultan Hasanuddin (Masa Kecil, Pendidikan, Masa
Perjuangan, Dampak Perjuangan)
c) Kelompok
3 membahas tentang Laksamana Malahayati (Masa Kecil, Pendudukan, Masa
Perjuangan, Dampak Perjuangan)
d) Kelompok
4 membahas tentang Wage Rudolf Supratman (Masa Kecil, Pendidikan, Masa
Perjuangan, Dampak Perjuangan)
·
Guru memberi arahan kepada
peserta didik mengenai tugas kelompok yang akan mereka kerjakan.
3)
Data
Collecting (Mengumpulkan Data)
·
Siswa bersama kelompok diskusi mengumpulkan data berupa
informasi-informasi yang terkait dengan masalah yang harus di analisis baik
dari buku yang relevan dengan materi di perpustakaan maupun internet.
Beberapa
situs yang dapat dikunjungi :
Ki
Hajar Dewantara
Laksamana Malahayati
Sultan Hasanuddin
W.R. Supratman
·
Guru
mendorong siswa untuk terlibat dalam diskusi dan menanggapi jika ada
kesulitan yang dihadapi oleh kelompok
4)
Data
Processing (Memproses Data)
·
Data
yang dikumpulkan kemudian didiskusikan untuk mendapatkan pendalaman
pemahaman materi.
5)
Verification
(Memverifikasi)
·
Setelah
peserta didik berhasil mengumpulkan data-data yang terkait dengan masalah, peserta
didik melakukan verifikasi data dengan mengambil informasi-informasi yang
sesuai dengan permasalahan.(Menalar/Mengasosiasi)
6)
Generalization
(Menyimpulkan)
·
Masing-masing
kelompok menyimpulkan hasil verifikasi.
·
Bersama-sama peserta didik
menarik kesimpulan dari hasil diskusi yang dilakukan serta mempersilahkan
peserta didik mencatat kesimpulan yang dianggap penting ke dalam buku
catatan.
|
70 Menit
|
Penutup
|
·
Guru memberikan tes indvidu
·
Peserta didik menjawab tes
indvidu
·
Guru menyampaikan rencana
kegiatan pembelajaran pertemuan selanjutnya.
·
Memberikan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran pertemuan tersebut, terutama hal-hal yang
kurang berkenan berkaitan dengan proses pembelajaran, sebagai masukan untuk perbaikan dalam
pertemuan berikutnya.
·
Mempersilahkan ketua kelas untuk
memimpin dalam doa dan menutup dengan salam penutup.
|
10 menit
|
Pertemuan
2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai-nilai
Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Pendahuluan
|
·
Mengucapkan salam, berdoa bersama
dipimpin ketua kelas, dan mengecek kehadiran peserta didik,
·
Menyanyikan Lagu Maju Tak Gentar
·
Guru memberikan penguatan
terhadap materi sebelumnya “Pada
pertemuan yang lalu, kita telah membahas mengenai peran beberapa tokoh
nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bapak akan
memberikan beberapa pertanyaan. Apakah semua orang dapat dikatakan pahlawan?
Apakah yang menjadi dampak perjuangan Ki Hajar Dewantara, Laksamana
Malahayati, Sultan Hasanuddin, dan W.R. Supratman”.
·
Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dalam pertemuan ini yaitu menganalisis
nilai perjuangan yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh tersebut, menyajikan
dalam bentuk permainan peran mengenai Ki Hajar Dewantara,Laksamana
Malahayati, Sultan Hasanuddin, , dan Wage Rudolf Supratman dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,
serta mampu menyajikan dalam bentuk essay tentang Andi Depu dalam melawan penjajahan.
·
Menyampaikan teknis
pembelajaran pertemuan ini yaitu role play.
·
Menyampaikan bentuk penilaian ;
1.
penilaian pengetahuan lewat tugas
mengenai nilai perjuangan yang dapat diteladani dari tokoh tersebut.
2.
penilaian keterampilan lewat
permainan peran dan lewat tugas essay yang dibuat mengenai tokoh nasional dan
tokoh daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.
|
Religius
Cinta Tanah Air
Komunikasi, Berani
Rasa Ingin Tahu
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Guru mempersilahkan siswa untuk
duduk berdasarkan kelompok masing-masing.
·
Guru mempersilahkan siswa untuk
menyiapkan perlengkapan permainan peran.
·
Guru mempersilahkan kelompok 1
untuk memainkan peran mengenai tokoh Ki Hajar Dewantara. (Mengkomunikasikan)
·
Guru mempersilahkan kelompok lain
memberikan masing-masing 2 pertanyaan setelah menyaksikan penampilan kelompok
1.
·
Guru mempersilahkan kelompok 2
untuk memainkan peran mengenai tokoh Laksamana Malahayati (Mengkomunikasikan)
·
Guru mempersilahkan kelompok lain
memberikan masing-masing 2 pertanyaan setelah menyaksikan penampilan kelompok
2.
·
Guru mempersilahkan kelompok 3
untuk memainkan peran mengenai tokoh Sultan Hasanuddin (Mengkomunikasikan)
·
Guru mempersilahkan kelompok lain
memberikan masing-masing 2 pertanyaan setelah menyaksikan penampilan kelompok
3.(Mengkomunikasikan)
·
Guru mempersilahkan kelompok 4
untuk memainkan peran mengenai tokoh Wage Rudolf Supratman. (Mengkomunikasikan)
·
Guru mempersilahkan kelompok lain
memberikan masing-masing 2 pertanyaan setelah menyaksikan penampilan kelompok
4.
·
Memberi kesimpulan dari hasil
diskusi yang dilakukan serta mempersilahkan peserta didik mencatat kesimpulan
yang dianggap penting ke dalam buku catatan.
|
Kolaborasi, Kreatif
Kolaborasi
Kolaborasi, Komunikatif, Kreatif.
Komunikatif, Kritis
Kolaborasi, Komunikatif, Kreatif.
Komunikatif, Kritis
Kolaborasi, Kreatif.
Komunikatif, Kolaborasi, Kreatif.
Kritis
Kolaborasi, Komunikatif.
Kolaborasi, Kritis, Komunikatif.
Kritis,
Kolaborasi, Komunikatif.
|
70 Menit
|
Penutup
|
·
Guru memberikan tes individu
·
Peserta didik menjawab soal tes
individu.
·
Guru menyampaikan tugas membuat
essay mengenai Andi Depu dalam perjuangannya melawan penjajah.
·
Memberikan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran pertemuan tersebut, terutama hal-hal yang
kurang berkenan berkaitan dengan proses pembelajaran, sebagai masukan untuk perbaikan dalam
pertemuan berikutnya.
·
Mempersilahkan ketua kelas untuk
memimpin dalam doa dan menutup dengan salam penutup.
|
Jujur, Tanggung Jawab
Religius
|
10 menit
|
PENILAIAN,
PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
a.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian Pengetahuan: menilai
kemampuan peserta didik dalam menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon
Bangsa Indonesia, melalui; (Lampiran 1)
§ Kemampuan
menjawab soal mengenai materi yang disampaikan
2. Teknik
Penilaian Keterampilan: Portofolio, yaitu menilai laporan tertulis hasil rekonstruksi
kelompok dalam laporan tertulis. (Lampiran.2)
§ Kemampuan
membuat naskah mengenai tokoh nasional dan daerah yang memperjuangkan
kemerdekaan Indonesia.
§ Kemampuan
bermain peran mengenai tokoh nasional dan daerah yang memperjuangkan
kemerdekaan Indonesia.
§ Tugas
tertulis dalam bentuk essay mengenai tokoh Andi Depu dalam memperjuangkan
kemerdekaan Indonesia.
b.
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial
diberikan kepada peserta tidak hadir dan
tidak memenuhi syarat dalam melaksanakan penugasan, dengan program kegiatan pembelajaran individu
melalui penugasan. (Lampiran 3)
c.
Pembelajaran Pengayaan
Pembelajaran pengayaan
diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi syarat dalam melaksanakan
penugasan, dengan program kegiatan pembelajaran individu penugasan .(Lampiran.
4)
Surabaya, 13 Oktober 2018
Kepala Sekolah, Guru
Mapel,
NURSI,
S.Pd.,M.Pd INES PRADHANA RUSO,S.Pd
NIP.19611231
198411 1 102
NIP. 19900602 201504 1 002
Comments
Post a Comment